Senin, 17 April 2017

Obat Asma Tradisional Paling Ampuh

Inmefo.com - Hallo teman-teman kali ini saya akan memberitahu informasi seputar obat asma tradisional, mungkin artikel ini sangat cocok buat Kamu yang menderita asma. Penyakit yang satu ini merupakan salah satu yang paling banyak diderita, di Indonesia sendiri ada jutaan masyarakat yang mengidap penyakit asma. Tentu hal ini sangat menguncang dunia kesehatan, untuk itu melalui artikel ini saya akan menuntun Anda supaya terbebas dari penyakit asma.

Cara Menyembuhkan Asma dengan Obat Tradisional
Image By Fourlook.com

Untuk menyembuhkan penyakit asma, Anda bisa menggunakan beberapa cara seperti langsung berkonsultasi ke dokter atau melakukan pengobatan secara tradisional. Sebenarnya kedua cara tersebut memiliki prinsip yang sama, hanya saja obat yang diberikan tidak sama. Pada pengobatan dengan dokter spesialis, mungkin Anda akan diberikan beberapa jenis obat kapsul ataupun minum. Sedangkan pada pengobatan tradisional, lebih mengutamakan obat yang berbahan alami. Maka dari itu kebanyakan orang lebih suka menggunakan prinsip tradisional dibandingkan berkonsultasi ke dokter spesialis. Sebab obat-obatan yang dipakai dalam pengobatan tradisional ini tidak memiliki efek samping bagi tubuh manusia.

Apa itu Asma?


Menurut artikel yang dikutip dari wikipedia, Asma (ásthma) merupakan sebuah penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan, dan umumnya asma ini sudah termasuk peradangan kronis. Gejala yang ditimbulkan cukup bervariasi mulai dari batuk, dada terasa berat bahkan sampai sesak nafas. Nah buat Anda yang mengalami gejala seperti itu, diharapkan untuk segera memeriksa kesehatannya. Supaya penyakit asma tersebut dapat terobati dengan cepat.

Asma juga temasuk penyakit yang cara diagnosisnya cukup mudah dipahami, dan biasanya didasarkan pada gejala serta responnya terhadap pengobatan dalam waktu tertentu. Dan perlu Anda ketahui, para pakar kesehatan telah mengklasifikasikan asma berdasarkan volume eksiparasi maksimal dalam satu detik, seberapa sering terjadi dan puncak lanjutan aliran respirasi tadi. Untuk penanganannya sendiri asma yang masih normal dapat diobati dengan menggunakan obat asma tradisional. Namun jika penyakit sudah sangat parah, penderita memerlukan kortikosteroid intravena, magnesium sulfat serta harus dirawat di rumah sakit.

Apa penyebab asma?


Dalam penanganan penyakit asma penderita atau dokter harus mengetahui apa saja penyebab yang bisa mengakibatkan asma. Cara dengan mencari informasi seputar asma dan menggalinya lebih dalam. Tapi, supaya Anda tidak repot mencari saya sudah berikan informasi seputar penyebab asma di bawah ini.

Faktor lingkungan

Salah satu penyebab penyakit asma adalah faktor lingkungan yang buruk, yang mana sudah kita ketahui jika lingkungan tidak baik tentu akan memicu banyak sekali penyakit. Begitu pula dengan penyakit asma, asma bisa terjadi karena polusi udara, menghirup asap rokok, alergen dan senyawa kimiawi dari lingkungan lainnya. Para perokok akan lebih mudah terserang asma, maka dari itu kurangi merokok dan berhenti dari sekarang. Selain itu asap kendaraan yang tidak baik dan secara berkelanjutan dihirup akan memicu terjadinya penyakit asma yang lebih bahaya lagi.

Penyakit Asma juga bisa diakibatkan karena alergen yang terdapat dalam ruangan, dan biasanya jenis alergen yang paling sering membuat asma adalah debu, tungau, ketombe hewan, kecoa bahkan jamur. Untuk itu kita perlu mencegahnya dengan cara menjaga kebersihan ruangan terutama di ruangan bekerja. Namun, penelitian mengemukakan pembasmian debua dan tungau kurang efektif. Karena beberapa jenis infeksi virus ternyata memberi risiko yang lebih besar untuk terkena asma seperti respiratory syncytial virus dan rinovirus. Dan perlu untuk diingat ada juga beberapa jenis infeksi yang bisa menurunkan risiko tersebut.

Faktor keturunan (genetika)

Selain diakibatkan oleh lingkungan, asma bisa juga terjadi karena faktor genetika. Mungkin salah satu dari anggota keluarga Anda memiliki riwayat penyakit asma, sehingga risiko untuk terkena penyakit asma akan semaking meningkat. Dalam faktor genetika, lebih merujuk pada gen sebagai kunci persebaran asma. Dan kebanyakan gen tersebut memiliki hubungan erat dengan sistem imun atau modulasi proses peradangan. Namun hingga saat ini, para peneliti belum mendapatkan kepastian jelas seputar gen tersebut.

Riwayat penyakit lain

Dalam dunia kesehatan (medis) keadaan dimana tiga panyakit yang terjadi secara bersamaan yang terdiri atas eksim atopik, rinitis alergi dan asma disebut dengan Atopi. Penelitian juga membuktikan bahwa penyebab paling besar terkena asma karena memiliki riwayat penyakit atopik. Sedangkan pada proses munculnya penyakit asma dalam tingkatan yang besar biasa diakibatkan penyakit eksim. Banyak penelitian berkelanjutan yang dilakukan sehingga menyatakan bahwa penyebab lain yang dapat memicu asma adalah obesitas. Hal ini bisa terjadi karena timbunan lemak akan menghambat proses penapasan, sehingga jaringan lemak tersebut akan mengakibatkan peradangan di paru-paru.

Dipicu oleh aktifitas olahraga

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa ternyata olahraga bisa memicu penyakit asma. Padahal olahraga merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyehatkan tubuh. Ini dikarenakan pada saat berolahraga terjadi penyempitan saluran penapasan bronkokonstriksi yang bisa terjadi kepada si penderita maupun tidak. Kondisi ini banyak dijumpai pada atlet yang lebih sering melakukan olahraga. Walaupun asma bisa terjadi pada cuaca apapun, tapi kemungkinan lebih besarnya datang pada saat cuaca kering dan dingin.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Lemak Menumpuk di Tubuh

Obat Asma Tradisional Paling Ampuh


Jika tadi kita sudah mengetahui penyebab asma, nah sekarang kita akan masuk kedalam tahap penyembuhannya. Untuk dapat mengobati asma, Kalian bisa melakukan banyak hal seperti berkonsultasi ke dokter ataupun melakukan pengobatan alami. Namun pada artikel ini saya hanya memberikan cara menyembuhkan asma secara tradisional saja. Yuk, simak artikel ini dengan seksama.

Rutin mengkonsumsi buah alpukat


Obat asma tradisional yang pertama adalah buah alpukat, buah lezat satu ini memang sudah terkenal dengan manfaatnya. Alpukat juga termasuk buah yang memiliki kandungan gizi tinggi yakni vitamin a, vitamin b12, kalsium, natrium, zat besi, vitamin b6, vitamin d, vitamin c bahkan magnesium. Semua gizi tersebut tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, oleh sebab itu perbanyak mengkonsumsi buah alpukat. Buah jenis ini memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah dapat menyembuhkan penyakit asma. Hal ini dikarenaka alpukat memiliki kandungan l-glutathione yang sangat tinggi, yang mana l-glutathione ini berfungsi untuk melindungi sel, mencegah radikal bebas sampai mendetoksifikasi polutan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu penyakit asma sangat dicegah dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat.

Banyak makan bayam


Selain buah alpukat, para pakar kesehatan telah melakukan penelitian yang melibatkan ribuan orang bahwa dengan rutin mengkonsumsi sayur bayam, risiko terkena penyakit asma lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak memakan sayur bayam. Ini dikarenakan bayam mengandung banyak sekali gizi yaitu magnesium, vitamin c, vitamin 3 dan beta karoten. Berbagai jenis gizi tersebut sangat berguna dalam pencegahan penyakit asma.

Perbanyak meminum air putih


Sebagaimana yang sudah kita ketahui melalui artikel sebelumnya, bahwa air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Selain baik dalam melancarkan sistem kerja tubuh, air putih juga ampuh dalam penanganan penyakit asma. Dan tahukah Anda asma merupakan salah satu penyakit yang menjadi tanda-tanda bahwa tubuh kekurangan air. Oleh karena itu kita harus memperbanyak meminum air putih supaya terhindar dari dehidrasi dan penyakit asma.

Menyembuhkan asma dengan pisang


Pisang adalah salah satu buah yang paling kompleks, karena selain memiliki rasa yang enak buah pisang juga memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah ampuh dalam menurunkan risiko asma. Dan menurut penelitian yang dilakukan oleh Imperial Collage di Inggris, bahwa anak-anak yang mengkonsumsi satu buah pisang setiap harinya mengalami penurunan penyakit asma. Hal ini mungkin menjadi kabar baik dalam dunia kesehatan, sehingga para penderita asma bisa melakukan pengobatan yang lebih sederhana lagi.

Menjahui rokok


Cara menyembuhkan penyakit asma yang paling baik adalah dengan menjahui penyebabnya, karena asap rokok termasuk salah satu penyebab asma. Oleh sebab itu penderita harus menjahui rokok dan asapnya, karena orang merokok memiliki kemungkinan terbesar untuk terserang asma. Dalam asap rokok terkandung ribuan zat kimia yang lebih dikenal dengan emisi asap. Kandungan asap yang paling dikenal adalah tar, karbondioksida dan nikotin. Selain itu, diperkirakan terdapat 7000 jenis zat kimia berbahaya lainnya.

Rutin mengkonsumsi apel


Apel juga menjadi salah satu obat yang paling bagus dalam menyembuhkan asma, sebab dalam apel terkandung quersetin yang berguna untuk memberikan pencegahan terhadap asma. Dengan begitu seseorang yang belum terserang asma, dapat mencegahnya dengan cara sederhana yakni dengan rutin mengkonsumsi apel. Terlebih buat penderita asma, memakan apel sangat ditekankan sekali supaya asma tersebut akan menurun.

Minum rebusan air jahe


Jahe merupakan tanaman yang kaya akan antioksidan, tidak heran banyak pengobatan tradisional lebih mengedepankan pemakaian jahe. Salah satunya adalah pada pengobatan penyakit asma, jahe termasuk bahan yang sangat cocok untuk mencegah asma. Karena kaya akan antioksidan, jahe sangat bagus untuk melancarkan proses pernapasan serta dapat mendektosifikasi kotoran yang masuk ke dalam alat pernapasan. Jahe juga tergolong obat tradisional asma tanpa efek samping, dengan kata lain tanaman ini bisa dikonsumsi siapa saja.

Meminum kopi


Kopi adalah buah yang paling sering dimanfaatkan, namun biasanya diolah menjadi sebuah minuman. Zaman sekarang sudah banyak sekali jenis kopi, ini dikarenakan kopi memiliki manfaat yang sangat banyak. Kopi bisa dijadikan salah satu trik mengobati asma yang tiba-tiba kambuh, ini dikarenakan kopi sangat efesien dalam membuka saringan hawa dalam paru-paru pada saat terjadi penyempitan.

Menghindari area berdebu


Seperti yang sudah kita ketahui kalau penyebab asma adalah debu, tungau dan polusi udara. Oleh karena itulah para penderita maupun tidak wajib untuk menjahui area yang banyak debu atau polusi udara. Selain itu ada baiknya ketika dalam keadaan sesak nafas, kita pergi ke tempat yang lebih terbuka dan terbebas dari polusi udara. Hal ini dibutuhkan supaya alat pernapasan akan menjadi segar kembali, dan proses respirasi akan berjalan dengan lancar.

Menjahui hewan peliharaan


Bagi sebagian besar orang beranggapan jika terkena asma karena faktor hewan peliharaan. Tidak jarang mereka langsung mengambil keputusan supaya untuk membuang hewan peliharaan. Namun ada baiknya penderita menyadari bahwa bulu hewanlah yang menjadi penyebab utama bukan hewannya. Oleh karena itu, bagi para penderita asma diharapkan untuk membersihkan bulu-bulu peliharaan yang tersebar di dalam rumah. Selain itu masukkan peliharaan Anda ke dalam kandang yang jauh dari Anda.

Demikianlah artikel Obat Asma Tradisional Paling Ampuh yang dapat saya berikan kepada Anda. Mungkin dengan adanya artikel berikut, Anda bisa semakin belajar mengenai asma dan bagaimana cara menyembuhkannya. Anda bisa melakukan beberapa tips diatas supaya penyakit asma yang Anda derita dapat berkurang atau bahkan sembuh. Dan untuk mendapatkan informasi lainnya seputar kesehatan, Anda bisa mengunjungi Inmefo Kesehatan.
Load disqus comments

0 komentar