Selasa, 18 April 2017

Cara Merawat Kelinci untuk Pemula Terlengkap

Inmefo.com - Ada banyak sekali spesies hewan yang terdapat di muka bumi ini, namun hanya sedikit dari mereka yang lucu dan menggemaskan. Karena itulah, melalui artikel ini saya akan membahas topik Cara Merawat Kelinci untuk Pemula. Dan mungkin informasi ini sangat berarti buat Kalian yang masih bingung untuk merawat kelinci peliharaan. Oleh sebab itu, Saya sudah memberikan informasi terakurat seputar memelihara kelinci yang baik dan benar.

Cara Merawat Kelinci untuk Pemula

Di dunia tidak sedikit pecinta binatang memelihara kelinci, begitu pula di negara kita Indonesia. Terdapat banyak sekali pecinta hewan di Indonesia yang sudah memiliki kelinci dari jenis berbeda-beda. Maka dari itu jika Anda termasuk pecinta binatang khususnya kelinci, sangat disarankan untuk menyimak artikel Cara Merawat Kelinci ini. Supaya teman-teman tidak melakukan kesalahan ketika merawat kelinci kesayangan masing-masing.

Pengertian Kelinci


Apakah Anda sudah kenal jelas dengan kelinci? Jika belum, bersyukurlah sebab saya akan menjelaskan secara singkat tentang binatang kelinci. Menurut wikipedia Kelinci merupakan hewan mungil dan lucu, serta termasuk dalam golongan mamalia yang berasal dari keluarga Leporidae. Kelinci tersebar hampir keseluruh negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Dahulu, hewan lucu ini hidup liar di Afrika dan Eropa. Namun, karena perkembangan zaman kelinci bisa dijumpai dimana saja. Di Indonesia sendiri, kelinci (konijntje) ini dikenal sejak masa kolonial belanda. Padahal, salah satu pula kita menyimpan satu spesies kelinci asli Indonesia. Kelinci tersebut bernama kelinci sumatera, diberi nama itu karena asalnya dari pulau sumatera.

Sekarang terdapat 2 tipe kelinci yakni kelinci pedaging dan kelinci peliharaan. Namun pada pembahasan kali ini saya lebih fokus seputar cara merawat kelinci peliharaan. Bagi sebagian pecinta binatang, kelinci mungkin menjadi salah satu hewan yang wajib dipelihara. Selain imut, hewan kecil ini dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sedih. Berbeda dengan kelinci pedaging, kelinci ini lebih dikenal dengan Continental Giant yakni jenis kelinci terbesar di dunia. Jadi sekarang Anda lebih pilih jenis kelinci apa? saya sarankan untuk memelihara kelinci peliharaan saja ya.

Baca Juga: 10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara

Cara memilih kelinci peliharaan dengan benar


Cara Merawat Kelinci untuk Pemula

Bagi Anda yang masih pemula dalam hal pemilihan kelinci, mungkin informasi ini bisa sangat berguna. Karena itu sebelum membeli kelinci peliharaan, sangat disarankan agar memperhatikan kualitas dari kelinci yang akan dibeli. Hal ini dilakukan supaya Anda tidak menyesal ketika membeli kelinci nanti, karena ada banyak sekali penjual yang memberikan kelinci berkualitas jelek. Untuk itu simak tips memilih kelinci peliharaan di bawah ini.

Memperhatikan wajah

Pada umumnya kelinci bagus memiliki kualitas wajah dan bagian kepala yang mumpuni. Saat membeli kelinci Anda perlu memperhatikan sorot matanya, pilihlah kelinci yang memiliki sorot mata tajam dan tidak sayu. Selain itu perhatikan hidung kelinci tersebut, jika pada hidung kelinci terdapat air maka kelinci tersebut dalam kondisi sakit atau sedang terkena flu. Bukan hanya itu saja, kelinci yang sehat bertelinga tegak dan tidak lemas terkecuali untuk jenis lop. Satu lagi yang mesti diperhatikan, yakni gigi si kelinci. Carilah kelinci yang memiliki gigi kokoh dan tidak tajam.

Perhatikan Bagian Kaki

Jika Anda sudah memperhatikan bagian kepalanya, maka tahap selanjutnya adalah memperhatikan kakinya. Kelinci yang memiliki kualitas baik, biasanya kakinya tegak saat berdiri bukan pincang ataupun dalam keadaan cacat. Selain itu carilah kelinci yang kakinya tidak membentuk huruf "O" atau mungkin lebih condong ke samping. Namun, akan sangat sulit untuk melihat kondisi kaki kelinci saat hewan tersebut sedang tidur. Maka dari itu buat si kelinci berdiri dan perhatikan dengan jelas.

Bagian Badannya

Menurut penelitian, kelinci yang memiliki kualitas mumpuni biasanya bertubuh besar dan berisi. Lain halnya dengan kelinci kurus, kelinci jenis ini akan sangat mudah diketahui karena badannya yang lebih kecil dan tipis dibandingkan kelinci gemuk. Untuk dapat melihat kelinci yang baik, Anda bisa menidurkan kelinci tersebut lalu melihatnya dari belakang. Jika badan kelinci berbentuk bulat, maka kelinci tersebut termasuk kelinci yang bagus dan penuh dengan daging. Berbeda dengan kelinci kurus, pada umumnya kelinci kurus akan terlihat seperti segitiga jika dilihat dari belakang. Oleh sebab itu berhati-hatilah sebelum membeli kelinci peliharaan.

Tidak penakut atau pemalu

Pada umumnya kelinci termasuk hewan yang pemalu, maka dari itu sangat jarang ditemukan kelinci pemberani. Namun, bukan tidak ada kelinci yang tidak pemalu. Untuk itu diperlukan ketelitian dalam melihat sikap kelinci peliharaan yang akan Anda beli. Usahakan untuk memilih kelinci yang lebih pemberani dan ramah kepada pemiliknya. Hal ini sangat dibutuhkan agar proses penjinakan kelinci akan lebih mudah.

Aktif

Satu lagi tips memilih kelinci peliharaan yang perlu diperhatikan, Kelinci sehat biasanya lebih aktif dibandingkan kelinci yang sedang sakit. Ciri-ciri kelinci yang baik adalah suka bermain, melompat ke sana kemari dan senang bergerak. Namun, perlu Anda hindari kelinci yang sangat aktif sehingga bisa menyerang kelinci lainnya. Kelinci yang memiliki sifat seperti ini, bisanya terdapat pada kelinci jantan.

Jenis Kelinci Peliharaan


Informasi ini sangat cocok buat Anda yang masih bingung untuk memilih kelinci jenis apa. Oleh sebab itu informasi ini sangat perlu ini teman-teman baca, karena selain ilmunya bertambah dengan menyimak informasi Jenis Kelinci Peliharaan ini teman-teman mendapat referensi kelinci peliharaan yang akan Anda pelihara. Dari pada semakin penasaran saya sudah sediakan informasinya, tepat di bawah ini.

Kelinci Anggora

Cara Merawat Kelinci untuk Pemula

Mungkin kelinci jenis ini paling diminati para pecinta hewan, di Indonesia tidak sedikit yang telah memelihara kelinci anggora. Pada umumnya kelinci anggora sangat mudah dikenali, karena bulunya yang super tebal. Kelinci anggora merupakan kelinci asli turki, dan saat ini tersebar hampir ke semua negara di dunia. Persebaran kelinci anggora ini diawali oleh seorang pelaut inggris yang kebetulan melihat kelinci anggora di Ankara, turki. Saat itu dia langsung membawanya dan memperkenalkannya di Inggris. Karena globalisasi, semua negara sudah bisa mendapatkan kelinci jenis ini dan tak terkecuali untuk pecinta hewan di Indonesia.

Kelinci Lop

Cara Merawat Kelinci untuk Pemula

Selain kelinci anggora terdapat jenis kelinci yang tidak kalah lucu dan menggemaskan. Dia adalah kelinci lop, kelinci ini sangat populer di dunia. Kelinci lop lebih mudah dikenali, sebab hanya kelinci ini yang telinganya turun ke bawah. Kelinci ini memiliki banyak sekali jenis yakni english lop, anggora lop, french lop, dwarf lop dan holland lop. Namun, jenis kelinci lop yang paling terkenal saat ini adalah English Lop. Untuk mendapatkan kelinci lop, Anda bisa mencarinya di toko hewan terdekat.

Kelinci Lion

Cara Merawat Kelinci untuk Pemula

Mungkin inilah salah satu kelinci yang paling imut dan menggemaskan, dia adalah kelinci lion. Seperti namanya, kelinci jenis ini memiliki bulu yang sangat panjang dan tebal mirip seperti singa. Karena itulah kelinci ini dinamakan kelinci lion. Sebenarnya kelinci lion merupakan keturunan dari kelinci anggora inggris. Hanya saja kelinci ini tidak mirip dengan kelinci anggora inggris, sebab bulu kelinci lion sangat berbeda dengan kelinci anggora inggris, padahal masih satu keluarga. Kelinci ini terbilang cukup mahal, namun seimbang dengan kualitasnya.

Kelinci Rex

Cara Merawat Kelinci untuk Pemula

Jenis kelinci peliharaan yang terpopuler lainnya adalah kelinci rex. Pernahkah Anda menemukan kelinci jenis ini? mungkin jarang, sebab di Indonesia masih banyak orang belum mengetahui keberadaan kelinci jenis ini. Kelinci rex merupakan salah satu kelinci prancis, yang dulunya termasuk kelinci liar. Namun, semenjak mengikuti kontes kelinci di paris, mendadak kelinci rex menjadi sangat terkenal. Kelinci ini memiliki kelebihan pada bulunya yang sangat halus dan indah. Namun, harga kelinci rex ini cukup mahal berkisar Rp 300.000,00 - 4.000.000,00 untuk umur 3 bulan.

Baca Juga: Cara Merawat Anak Burung Kenari dengan Cerdas

Cara Merawat Kelinci Peliharaan untuk Pemula


Jika Anda sudah menentukan kelinci yang akan dipelihara, maka tahap selanjutnya adalah untuk mengetahui tips perawatan untuk kelinci. Hal ini sangat diperlukan demi terjaganya kualitas si kelinci, selain itu supaya Anda tidak ceroboh dalam merawat kelinci peliharaan. Maka dari itu simak tips merawat kelinci dengan baik dan benar bagi pemula.

Memberikan kandang ternyaman


Tentu saat ingin memelihara hewan peliharaan, hal pertama yang wajib disiapkan adalah kandang. Begitu pula saat ingin memelihara kelinci, Anda perlu membuat sebuah kandang dengan kenyamanan terbaik. Sebelum membuat kandang untuk kelinci kesayangan, Anda harus mengetahui syarat kandang yang sesuai buat kelinci. Seperti dengan memperhatikan lokasi kandang, usahakan kandang berada dekat dengan air sehingga suhu kandang berkisar 12-20 celcius serta dengan kelembapan 70-90%. Bukan hanya itu saja, Anda juga harus menjauhkan predator seperti anjing supaya tidak mengganggu kelinci.

Cara Merawat Kelinci untuk Pemula

Kandang si kelinci juga disarankan agar dapat terkena sinar matahari, hal ini diperlukan untuk menjaga kondisi kandang agar tetap kering. Untuk mendapatkan sinar matahari dengan baik, Anda bisa menghadapkan kandang ke arah timur. Selain itu buat vertilasi yang cukup di kandang, supaya udara di kandang dapat terjaga dengan baik. Kandang juga wajib lebih tinggi dari pada lantai, hal ini dilakukan agar pada saat musim hujan kandang kelinci tidak terkena air. Selain itu air hujan yang jatuh di lantai, akan menyimpan parasit sehingga kelinci akan dengan mudah terserang penyakit.

Selain itu buatlah kandang yang cukup besar, sehingga kelinci dapat dengan bebas bergerak. Hal ini dikarenakan kelinci termasuk hewan aktif yang sering meloncat. Barikan jarak sekitar 3-5 meter antara kandang dan rumah Anda. Ini bertujuan supaya rumah tidak terkena bau menyengat akibat kotoran dan urine di kandang.

Berikan perawatan dengan benar


Cara Merawat Kelinci untuk Pemula

Pada dasarnya setiap makhluk hidup wajib diberikan perawatan dengan baik dan benar baik itu hewan, tumbuhan atau bahkan manusia. Sama halnya dalam merawat kelinci, Anda perlu memberikan perhatian ekstra. Salah satunya dengan menggendong kelinci dengan benar, banyak dijumpai mereka yang menggendong kelinci dengan salah khususnya di Indonesia. Cara yang benar untuk menggendon kelinci adalah dengan mengangkat pinggulnya dan kemudian tangan lainnya memegang kulit leher belakangnya. Namun, bagi kelinci dengan umur dibawah 1 bulan Anda harus mengangkatnya dengan pelan dan usahakan mengangkat pinggul serta ketiak secara bersamaan. Jangan pernah menggendong kelinci dengan menarik kedua telinganya, hal ini bisa menyakiti kelinci atau membuat kelinci menjadi cacat.

Selain itu kelinci juga harus selalu dimandikan, hal ini bertujuan agar kelinci terbebas dari kotoran dan menjadi lebih cantik lagi. Dengan memandikan kelinci secara teratur, kelinci tersebut akan lebih menawan dan bulunya akan lebih bersinar. Kelinci termasuk hewan yang tidak kuat dengan air dingin, maka dari itu Anda harus memandikannya dengan menggunakan air hangat 3 kali dalam 1 bulan. Anda dapat memakai shampo bayi, serta usapkan secara perlahan sambil terus menyiramnya dengan air hangat tersebut. Setelah dimandikan, Anda juga wajib menyisirnya supaya bulunya tidak berantakan ataupun rontok.

Berikan keamanan dan makanan terbaik


Cara Merawat Kelinci untuk Pemula

Faktor terpenting dalam merawat kelinci adalah makanan dan keamanannya. Dua faktor tersebut sangat dibutuhkan karena menjadi suatu hal yang sangat terkait dengan memelihara kelinci. Karena itu sangat disarankan pemiliknya memberikan makanan dengan porsi pas. Karena kelinci termasuk hewan nokturnal, maka hewan ini lebih aktif dimalam hari. Sehingga makanannya pun harus lebih banyak dibandingkan siang hari. Anda dapat memberikan biji-bijian, jangung ataupun jenis umbi yang sudah dihaluskan. Berbeda saat malam hari, Anda bisa memberikan tanaman hijau segar seperti kangkung. Perhatikan pula jika kondisi kelinci sedang tidak baik, segera periksa dan berikan pengobatang yang tepat.

Pada saat malam hari para predator akan lebih aktif dalam berburu, mangsa yang paling empuk adalah kelinci peliharaan Anda. Banyak hewan berbahaya seperti musang, ular, burung hantu, kucing liar atau anjing yang mungkin akan memakan kelinci tersebut. Maka dari itu, ketika sore hari Anda bisa membawa kelinci masuk ke dalam rumah supaya bebas dari gangguan predator.

Memperhatikan sikapnya


Cara Merawat Kelinci untuk Pemula Terlengkap

Pada umumnya setiap binatang memiliki sifat alam liarnya, tak terkecual bagi kelinci peliharaan. Jika Anda melepaskan kelinci, pada umumnya kelinci tersebut akan langsung menggali lubang sebagai tempat perlindungannya. Dan jika hal ini terus dilakukan kelinci, lama-lama lubang tersebut akan menjadi dalam sehingga Anda akan semakin sulit untuk menangkap kelinci. Begitu pula saat berada dikandang, kelinci akan melakukan hal sama. Untuk itu, Anda bisa menaruh jerami pada kandang sebagai tempat penggaliannya.

Demikianlah artikel saya tentang Cara Merawat Kelinci untuk Pemula, diharapakan informasi diatas dapat memberikan pembelajaran bagi Kalin yang masih bingung dalam merawat kelinci. Mungkin beberapa cara merawat kelinci tersebut dapat membantu Anda supaya, kelinci Kalian menjadi semakin baik dan sehat. Dan jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih seputar hewan, dapat mengunjungi Inmefo Hewan.
Load disqus comments

0 komentar