Rabu, 19 April 2017

#9 Cara Menyembuhkan Penyakit Demam Tanpa Obat

Cara Menyembuhkan Penyakit Demam - Dari studi kasus saya, terdapat banyak sekali jenis penyakit yang mungkin akan menyerang manusia. Salah satu diantanya adalah penyakit demam, lalu bagaimana menyembuhkan penyakit demam? Tenang, dalam artikel ini saya akan menuntaskan segala pertanyaan seputar penyakit demam yang terlintas di otak kalian. Jadi coba simak artikel ini dengan seksama.

Tips Menyembuhkan Penyakit Demam dengan Cepat

Demam termasuk salah satu penyakit dengan banyak tingkat, seperti demam neutropenik, hiperpyrexia atau bahkan heperthermia. Tentunya beberpa jenis demam tersebut sangat berbahaya bagi tubuh manusia, bahkan tidak sedikit kasus kematian yang diakibatkan dari penyakit demam. Selain itu, penyakit demam ini dapat menyerang siapa saja baik itu anak-anak, remaja atau mungkin orang dewasa. Dengan kata lain demam merupakan penyakit umum yang dapat dialami siapa saja. Lalu apakah penyebab demam? Saya sudah berikan informasinya di bawah ini.

Baca Juga: Obat Asma Tradisional Paling Ampuh

Penyebab Demam pada Umumnya


Sebelum Anda membaca cara menyembuhkan penyakit demam, ada baiknya teman-teman untuk mengetahui penyebab demam terlebih dahulu. Hal ini sangat dibutuhkan supaya penyakit demam tersebut dapat dicegah dan diobati dengan cepat. Dan sebenarnya ada banyak sekali penyebab yang memungkinkan seseorang terserang demam. Dari pada semakin penasaran, di bawah ini informasi terlengkap seputar penyebab demam.

Terkena Infeksi

Mungkin semua orang juga sudah pasti tahu kalau demam itu berasal dari infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur. Infeksi yang diakibatkan kuman tersebut, mungkin menjadi penyebab utama seseorang sampai terkena demam. Secara umum jenis organisme tersebut memang menjadi masalah yang sulit dihindari dalam kehidupan, sebab bakteri ataupun virus tersebar hampir ke semua tempat. Maka dari itu jaga tubuh Anda dari kuman yang biasanya terdapat pada lingkungan kotor.

Melakukan Imunisasi

Secara umum demam dapat menyerang siapa saja, namun cenderung kepada anak-anak. Ada pun hal yang mungkin memicu terjadinya demam yakni imunisasi. Mungkin saat selesai imunisasi anak pasti akan merasa tidak nyaman pada bagian yang disuntik. Biasanya bagian tersebut akan memerah dan membengkak dengan sendirinya. Hal ini tentu akan membuat anak-anak merasa kesakitan, sehingga memicu terjadinya demam. Namun, jangan khawatir sebab hal ini sudah biasa terjad, Anda tidak perlu memberikan obat. Melainkan dengan membuat si anak merasa lebih nyaman dengan memeluk, ataupun mengompres air dingin pada bagian imunisasi tadi. Tapi, jika keadaan memaksa anak harus diberikan obat, disarankan memakai resep dari dokter.

Penyakit Autoimun dalam Tubuh

Selain imunisasi demam juga dapat muncul akibat penyakit lain yaitu autoimun. Autoimun adalah gangguan yang terjadi pada sel, sehingga kekebalan tubuh malah menyerang tubuh sendiri. Hal ini akan membuat gangguan pada sistem kerja dalam tubuh, dan bisanya ini menjadi tanda-tanda ada masalah dalam tubuh. Pada permasalahan ini sel anti-infeksi justru menyerang sel sehat lainnya, sehingga beberapa sel tubuh akan rusak dan membuat kekebalan tubuh menurun.

Efek Anti-Biotik

Pada dasarnya semua jenis obat digunakan untuk mengobati penyakit, namun ada pula obat yang justru memiliki efek samping sehingga penggunanya bisa terkena demam. Dia adalah obat anti-biotik, dan pada awalnya semua orang memang tidak akan terkena efek sampingnya. Namun, jika terlalu sering mengkonsumsi obat anti-biotik malah akan memicu terjadinya demam. Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat mentoleransi lagi takaran anti-biotik yang masuk ke dalam tubuh.

Cuaca Panas

Pada saat pergantian cuaca dari hujan ke kemarau, banyak sekali orang yang terkena penyakit demam. Hal ini sangat sering dijumpai di negara panas seperti mesir, panas dapat membuat kandungan air dalam tubuh lebih cepat terkuras. Sehingga tubuh akan kekurangan mineral dan memicu terjadinya demam. Saat panas tubuh akan memberikan respon yang berlebihan saat tubuh panas, sehingga tubuh menjadi mudah capek dan pusing.

Akibat Kelelahan

Saat tubuh dalam keadaan capek, sistem kekebalan tubuh akan menurun drastis. Saat itulah kuman atau virus lebih mudah menginfeksi tubuh manusia. Maka dari itu sangat disarankan agar memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat diselang pekerjaan. Dan pada malam hari tidak boleh kurang tidur, melainkan wajib memiliki wakti tidur berkisar 7-8 jam sehari. Selain itu jaga asupan makanan, serta jauhi makanan cepat saji dan ganti dengan makanan sehat seperti buah.

Kekurangan Nutrisi

Semua makhluk hidup pasti membutuhkan nutrisi, supaya segala sistem kerja tubuh akan berlangsung dengan lancar. Dan apa jadinya jika tubuh sampai kekurangan nutrisi, tentu itu akan mengakibatkan gangguan yang bahkan akan menimbulkan penyakit demam. Hal ini terjadi karena saat tubuh kekurangan nutrisi, organ dalam tubuh juga akan kekurangan tenaga. Maka dari itu kerjanya pun akan menurun drastis sehingga kekebalan tubuh akan mudah didobrak oleh kuman.

Gejala Demam


Jika tadi Anda sudah mengetahui penyebab demam, maka sekarang Anda juga perlu untuk mengetahui gejala yang biasa terjadi saat seseorang terkena demam. Adapun beberapa tanda-tanda seseorang sudah terserang demam antara lain.

Memiliki suhu badan diatas 38 derajat celcius

Cara paling mudah untuk mendeteksi seseorang yang terkena penyakit demam adalah menggunakan termometer. Pakailah termometer pada bagain ketiak dan ukur suhu badan, ketika termometer menunjukkan angka 38 derajat celcius ke atas. Maka sudah dipastikan Anda terkena demam, namun jika Anda tidak memiliki termometer bisa dengan memeriksa langsung ke dokter terdekat.

Mudah Capek

Pada saat tubuh terkena demam, hal umum yang biasanya terjadi adalah kelelahan sehingga tubuh ingin terus beristirahat. Namun saya sarankan untuk mengikuti permintaan tubuh, Anda lebih baik memberikan beberapa waktu untuk beristirahat total. Karena penyebab utama demam adalah tubuh yang keletihan.

Sensitif terhadap cahaya

Menurut studi kasus yang saya lakukan, pada umumnya orang berpenyakit demam akan lebih sensitif terhadapa cahaya dibandingkan dengan orang yang dalam keadaan sehat. Hal ini dikarenakan sel pada mata akan menjadi terganggu sehingga ketajaman penglihatannya akan sedikit lebih sensitif. Dan biasanya terjadi ketika menonton televisi, ataupun melihat cahaya matahari.

Baca Juga: 10 Cara Mengobati Flu atau Pilek dengan Cepat dan Tepat

Cara Menyembuhkan Penyakit Demam


Seperti yang kita ketahui bahwa demam merupakan penyakit tersering dialami manusia. Sebab demam termasuk penyakit menular, dengan kata lain penyakit demam dapat ditularkan kepada orang terdekat. Tentu hal ini sangat tidak diinginkan, maka dari itu kita harus segera menyembuhkannya. Lalu bagaimana menyembuhkannya? Nah, di bawah ini saya sudah berikan tips mengobati demam dengan cepat.

Mandi Air Hangat


Pada saat Anda mengalami demam, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan agar suhu tubuh menjadi stabil, dan tidak terjadi perlawanan suhu yang malah akan membuat demam semakin berbahaya. Dengan mandi memakai air hangat, suhu panas saat demam akan turun dengan sendirinya. Namun, jangan mandi ketika air hangat tersebut telah berubah menjadi dingin.

Menggunakan Kaus Kaki Basah


Cara menyembuhkan penyakit demam selanjutnya adalah menggunakan kaus kaki basah. Mengapa? Hal ini dilakukan untuk menetralisir suhu panas. Pada kaki terdapat respon yang lebih cepat dalam merangsang sistem kekebalan tubuh serta peningkatan darah. Tentu itu sangat dibutuhkan dalam melawan penyakit demam. Untuk melakukannya Anda bisa mengambil sebuah kaus kaki lalu membasahinya. Kemudian peras dan pakai kaus kaki tersebut dan bila perlu lapisi bagian luar kaus kaki tersebut dengan kaus kaki wol supaya suhu akan terkurung.

Menggunakan Handuk Basah


Mungkin cara ini sudah diberlakukan sejak tahun nenek moyang kita, namun cara menyembuhkan penyakit demam menggunakan metode ini tergolong cukup efektif. Anda bisa mengambil sehelai handuk lalu membasahinya kemudian peras air yang masih tersisa. Setelah itu tempelkan pada dahi dan pergelangan kaki-tangan. Cara ini hanya dapat dilakukan 2 kali ketika demam, karena jika dilakukan secara berulang akan membuat suhu tubuh menjadi sangat dingin.

Perbanyak Mengkonsumsi Buah


Seperti yang sudah kita ketahui, buah merupakan makanan yang mengandung banyak sekali gizi yang diperlukan tubuh manusia. Gizi tersebut paling ampuh dalam menjaga kekebalan tubuh sehingga penyakit akan lebih mudah diobati. Dalam buah terkandung nutrisi lengkap sebagai pondasi dasar untuk menyehatkan tubuh. Adapaun buah yang disarankan ketika sedang sakit adalah semangka, jeruk, melon kuning dan buah berry. Beberapa buah tersebut terkenal akan kandungan vitamin c yang baik untuk melawan perkembangan infeksi.

Minum Air Putih Secara Teratur


Banyak penelitian yang membuktikan bahwa air putih menyimpan jutaan manfaat bagi tubuh manusia, selain melancarkan peredaran air putih ampuh dalam menyembuhkan penyakit demam. Karena bisa jadi demam yang sedang Anda alami disebabkan dehidrasi, maka dari itu sangat dianjurkan supaya setiap orang rutin mengkonsumsi air putih. Sebab air putih tidak mengandung zat lain yang membahayakan bagi tubuh. Dokter juga menyarankan jika bayi agar terus diberi asupan ASI yang cukup setiap harinya.

Rutin Minum Teh Herbal


Cara Menyembuhkan Penyakit Demam juga bisa menggunakan teh herbal, sebab teh jenis ini lebih banyak khasiatnya dibandingan dengan teh biasa. Anda bisa membeli ataupun membuat sendiri teh herbal yang biasanya terbuat dari jahe, batang gandarusa putih ataupun daun raspberry. Anda bisa mamasukkan teh herbal tersebut kemudian seduh menggunakan air hangat. Dan untuk menetralisir rasanya yang khas, Anda bisa menambahkan lemon ataupun madu.

Istirahat yang Cukup


Tadi kita sudah mengetahui bahwa salah satu penyebab demam adalah kecapean, maka dari itu penderita seharusnya memberikan waktu supaya tubuh dapat beristirahat total. Hal ini sangat dibutuhkan sekali supaya suhu panas akan perlahan turun dengan sendirinya. Namun, pada saat beristirahat usahakan tidak memainkan handphone, melainkan bersantai di tempat dengan suhu 22-25 celcius.

Menghentikan Aktifitas Olahraga


Pada saat mengalami demam, kita diharuskan untuk beristirahat total sampai suhu tubuh kembali normal. Maka dari itu segala kegiatan yang memerlukan tenaga ekstra harus dihentikan, seperti berolahraga. Walaupun olahraga itu sehat, namun jika sedang sakit olahraga dianjurkan supaya dihentikan. Karena pada saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan banyak tenaga sehingga tubuh akan letih, lesu dan lemah saat selesai berolahraga. Apalagi jika dilakukan oleh orang yang sedang dalam keadaan sakit, bukannya sembuh malah akan membuat keadaan semakin buruk.

Jangan Minum Kopi dan Alkohol


Khusus buat Anda yang hobi minum kopi atau alkohol supaya menghentikan kebiasaan tersebut saat sedang demam. Karena kandungan kafein dalam minuman tersebut cenderung membuat mineral dalam tubuh menjadi lebih cepat terkuras. Padahal pada saat sakit, mineral sangat dibutuhkan dalam mendorong kesembuhan penyakit. Maka dari itu sangat disarankan agar menghentikan kebiasaan buruk ini.

Demikianlah artikel dari saya tentang Cara Menyembuhkan Penyakit Demam, mungkin informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Supaya cepat sembuh tentu Anda harus mengeluarkan usaha seperti dengan melakukan beberapa tips menyembuhkan demam di atas. Saya juga berharap agar demam yang Anda derita dapat segera sembuh.
Load disqus comments

0 komentar