Kamis, 13 April 2017

10 Manfaat Berolahraga Sejak Dini Bagi Anak

Inmefo.com - Olahraga memang merupakan salah satu kegiatan yang perlu untuk dilakukan, hal ini dikarenaka olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Zaman sekarang olahraga semakin populer, sebab banyak sekali jenis olahraga yang muncul serta memiliki manfaat yang berbeda. Olahraga memang perlu untuk dilakukan, selain dapat memperlancar sistem kerja tubuh dengan berolahraga segala kandungan gizi yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi akan lebih mudah diserap. Dengan begini segala asupa gizi yang diperlukan tubuh dari makanan akan segera terkumpulkan tanpa ada yang terbuang.

Manfaat Berolahraga Sejak Dini Bagi Anak

Terlebih untuk anak-anak yang belum menginjak usia 17 tahun, olahraga menjadi hal yang mesti untuk dilaksanakan. Hal ini dikarenakan anak yang berumur kurang dari 17 akan lebih cepat berkembang, baik itu dari hal kepribadian ataupun postur tubuh. Beda dengan anak yang sudah menginjak umur 17 ke atas, perkembangan mereka sudah mulai menurun dan bisa dibilang cukup lamban. Oleh karena itu, sebagai anak yang pintar kita perlu mengetahui apa saja manfaat berolahraga bagi kalian yang masih kecil.

Dalam artikel 10 Manfaat Berolahraga Sejak Dini ini saya sudah memberitahu apa saja yang akan memicu anak malas berolahraga ataupun semakin giat berolahraga. Dengan begini sebagai orang tua yang bijak, Anda dapat mengajarkan manfaat dan kegunaan berolahraga baik sang buah hati. Karena jika olahraga diajarkan dan dilakukan sejak kecil, pada saat besar nanti mereka sudah terbiasa dengan berbagai macam olahraga. Serta mereka akan lebih cepat bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi, untuk itu baca artikel berikut untuk mendapat informasinya.

Apa sih yang dapat membuat anak malas ataupun rajin berolahraga?


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar. Oleh karena itu anak yang masih dalam usia pertumbuhan sangat memerlukan olahraga, supaya anak akan berkembang dengan baik serta tubuh mereka akan menjadi lebih kebal dari penyakit. Namun, apa jadinya jika si anak tidak mau berolahraga? dan kenapa anak menjadi sangat rajin berolahraga?

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kenapa anak menjadi malas berolahraga, dan itu sangat perlu bagi Anda untuk mengetahuinya. Biasanya anak yang malas berolahraga itu tercermin dari orang tuanya, apabila orang tuanya rajin berolahraga maka dengan sendirinya si anak akan terbawa untuk berolahraga. Selain itu faktor fisik juga akan mempengaruhi minat anak dalam berolahraga, sebagai contoh jika si anak memiliki kelainan fisik dengan otomatis anak tersebut akan minder dan sedikit putus asa. Dan dia pun akan malu untuk keluar dan berolahraga, padahal olahraga itu bisa menyehatkan tubuh yang cacat sekali pun.

Jika diatas kita sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab anak malas berolahraga, dan sekarang kita juga perlu untuk mencari tahu hal yang dapat membuat anak semakin rajin berolahraga. Anak akan lebih giat berolahraga jika si orang tua merupakan orang yang rutin berolahraga, begitu sebaliknya. Selain itu anak akan lebih giat berolahraga karena faktor lingkungan seperti dari teman yang suka berolahraga juga, serta karena ingin menarik perhatian lawan jenis.

Baca JugaInilah Teknik Latihan Fitness yang Lebih Efektif

10 Manfaat Berolahraga Sejak Dini Bagi Anak


Ada banyak sekali manfaat yang dapat diambil jika kita berolahraga, salah satunya ada menyehatkan semua organ dalam tubuh terlebih untuk anak. Namun jika berolahraga ada baiknya untuk tidak terlalu memaksakan, karena hal ini akan semakin memperburuk kesehatan. Untuk itu anak bisa diajak jogging atau lari santai yang mana sudah dijamin manfaatnya. Dan bukan hanya itu saja manfaat dari berolahraga, namun masih ada 10 manfaat berolahraga sejak kecil bagi anak.

Mempercepat pertumbuhan dan perkembangan si kecil


Anak yang masih dalam golongan usia dini termasuk makhluk yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Oleh karena itu asupan gizi serta olahraga sangat diperlukan dalam membantu perkembangan si anak. Pada tahap ini sel-sel dalam tubuh anak masih dalam proses dan belum sempurna, oleh karena itu olahraga sangat dibutuhkan dalam merangsang sel-sel dalam tubuh anak sehingga lebih cepat berkembang.

Meningkatkan tingkat kecerdasan anak


Mungkin hampir semua orang tua juga sudah tahu bahwa olahraga dapat meningkatkan tingkat kecerdasan sang anak. Hal ini dikarenakan pada saat berolahraga anak akan lebih senang sehingga hormon endorfin akan merangsang kreativitas dan kecerdasan si anak dalam berpikir. Sehingga pada saat belajar di sekolah anak akan lebih aktif dan mudah mengerti akan pelajaran yang diterangkan oleh guru mereka. Karena berolahraga dapat membantu BDNF (Brain Derived Neurotropic Factor) dalam otak supaya dapat mempercepat merangsang sel-sel pembentuk otak sehingga performanya akan lebih maksimal.

Mengajarkan sportivitas


Bagi orang tua mungkin untuk mengajak anak berolahraga bisa dilakukan dengan cara melakukan sebuah permainan yang berhubungan dengan olahraga. Seperti saat sedang jogging Anda bisa mengajak si anak untuk berlomba sampai garis akhir, dan jika mereka menang atau kalah itu mungkin akan dialami mereka. Jika Anda biasakan pada anak untuk menghargai proses dan hasil akhir apakah itu menang atau kalah. Si anak akan lebih sportif saat mengikuti segala perlombaan sehingga mereka tidak akan berbuat curang.

Meningkatkan dan menjaga kesehatan


Mungkin semua orang juga pasti sudah tahu kalau olahraga sangat berguna dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh. Terlebih kepada anak yang sedang dalam usia dini yang tentunya sangat memerlukan olahraga. Hal ini sangat dibutuhkan untuk memperkuat tulang dan pondasi tubuh menjadi lebih kokoh lagi. Supaya pada saat dewasa kelak si anak tersebut akan lebih sehat dan tidak lemah. Selain itu anak yang rajin berolahraga akan terhindar dari kegemukan (Obesitas) sehingga diabetes dan darah tinggi akan terhindar. Sebab pada usia dini ini risiko penyakit lebih tinggi dari pada mereka yang berusia dewasa. Untuk itu ajarkan anak Anda supaya rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi.

Membuat anak lebih bahagia


Tahukah Anda bagaimana pandangan anak terhadap olahraga? pada umumnya anak usia dini menganggap olahraga seperti permainan yang menyenangkan. Oleh karena itu sebagai orang tua yang baik cobalah untuk mempraktekkannya serta mengajarkan anak pentingnya berolahraga. Karena menurut penelitian olahraga akan membuat seseorang menjadi lebih bahagia khususnya bagi anak-anak. Untuk mengajarkan anak berolahraga Anda bisa mengajak anak untuk melompat, berlari ataupun bersepeda. Sehingga anak akan lebih aktif di lingkungan serta bisa bertumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Mengajarkan kekompakan


Dengan berolahraga anak akan mengerti artinya kerjasama atau kekompakan tim. Seperti halnya pada permainan sepak bola ataupun basket, mungkin kita sudah tahu bahwa permain ini tergolong dalam permainan tim yang memerlukan kekompakan jika ingin menang. Mungkin Anda bisa mengajarkan anak untuk masuk dalam tim dalam olahraga kesukaan mereka, sehingga mereka bisa belajar dan mengerti arti penting kekompakan dalam mencapai keberhasilan.

Memahami arti persaingan


Manfaat lain yang dapat diperoleh anak jika dia berolahraga adalah dapat belajar arti persaingan antar sesama peserta lomba. Seperti halnya pada saat Anda jogging bersama keluarga, Anda dapat membuat sebuah lomba kecil yang pesertanya adalah seluruh anggota keluarga. Biarkan anak-anak Anda menjadi pemenangnya dan biarkan mereka mempelajari hal baru yang tentunya bermanfaat bagi pertumbuhan kepribadiannya. Ajarkan anak Anda untuk mengerti arti persaingan, sehingga ketika dewasa nanti anak tersebut sudah mengenal sifat dunia.

Membina anak supaya menjadi pantang menyerah


Pada saat berolahraga tentu akan banyak sekali manfaat yang dapat diterima sang anak, salah satunya adalah memiliki sikap yang pantang menyerah. Ketika anak Anda menjadi peserta dalam sebuah lomba lari, mungkin yang dia lakukan adalah bekerja keras supaya pada saat lomba dimulai dia akan meraih kemenangan atas kerja kerasnya. Dan jika memang anak tidak dapat meraih kemenangan, Anda mungkin dapat mendukung serta memberikan solusi kepada anak supaya tidak patah semangat.

Membangun rasa percaya diri anak


Olahraga juga dapat mendorong anak semakin berprestasi, sebagai contohnya jika seorang anak mengikuti sebuah lomba renang dan menjadi juara ke-2 dalam lomba tersebut. Tentu anak tersebut akan semakin percaya diri dan optimis untuk memenangkan perlombaan lainnya. Begitu pula bagi anak Anda, selalu bawa anak Anda untuk berolahraga supaya dia belajar akan pentingnya olahraga dalam berprestasi.

Pengisi waktu luang yang bermanfaat


Sebagai orang tua yang baik Anda perlu memperhatikan anak, baik dalam kondisi fisik ataupun mentalnya. Seorang anak usia dini cenderung lebih mudah bosan jika tidak memiliki kegiatan yang dapat dilakukan. Jika hal ini terjadi berkepanjangan tentu akan mengganggu mental si anak tersebut. Untuk itu ajaklah anak Anda untuk berolahraga dan ajarkan pentingnya berolahraga bagi dirinya. Supaya anak menjadi sehat dan berkembang menjadi pribadi yang bijaksana.

Demikianlah artikel saya kali ini tentang 10 Manfaat Berolahraga Sejak Dini Bagi Anak, semoga dengan adanya informasi ini Anda bisa mengetahui pentingnya olahraga bagi pertumbuhan si kecil. Oleh sebab itu sebagai orang tua yang bijak perlu bagi Anda untuk meluangkan waktu dengan mengajak anak berolahraga. Untuk membaca informasi lainnya seputar olahraga  Anda dapat mengunjungi Inmefo Olahraga.
Load disqus comments

0 komentar