Jumat, 14 April 2017

10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara

Inmefo.com - Di dunia terdapat berbagai jenis makhluk hidup yang terdiri atas manusia, hewan dan tumbuhan. Namun pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai hewan, untuk lebih tepatnya 10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara. Artikel ini tentu ditujukan buat Anda yang ingin memelihara hewan anti-mainstream namun masih bingung harus memilih apa. Untuk itu artikel ini muncul supaya Anda bisa memilih hewan ekstrim yang bisa dipelihara.

10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara
Image By Loop.co.id

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa hewan peliharaan berfungsi sebagai penghibur disaat kita sedang bosan. Namun, jika Anda sudah kebosanan dengan hewan umum seperti kucing atau anjing, mungkin Anda dapat mencoba untuk memelihara salah satu hewan yang sudah saya beritahu di bawah ini. Selain anti-mainstream beberapa hewan ini tentu tidak berbahaya bagi manusia, namun disarankan untuk tetap hati-hati.

Hewan ektrim juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana hiburan yang menantang adrenalin, terlebih buat Anda yang mudah takut. Mungkin dengan memelihara salah satu hewan tersebut, rasa mudah takut dalam diri Anda akan hilang sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih berani dan tak kenal takut. Dari pada semakin penasaran, saya sudah beritahu 10 Hewan Aneh yang Baik untuk Dipelihara. Yuk, simak artikelnya sampai selesai dan ceritakan kepada orang terdekat Anda.

Baca Juga:Cara Merawat Anak Burung Kenari dengan Cerdas

10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara


Tahukah Anda sebenarnya ada banyak sekali spesies hewan ekstrim yang hidup di dunia ini, namun pernakah Anda mengetahui beberapa hewan yang di alam liar sangat berbahaya namun pada dasarnya dapat dipelihara dan tidak akan melukai manusia. Mungkin kalian sudah sangat penasaran ya, jadi baca dan pilihlah beberapa hewan anti-mainstream di bawah ini yang mungkin kelak akan Anda pelihara.

Cobalah untuk memelihara Iguana yang lebih terkesan purba


10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara
Image By tribunnews.com

Buat Anda yang suka dengan benda Antik, mungkin ada baiknya Anda memelihara hewan yang terbilang jadul atau purba ini. Bagi beberapa orang Iguana memang termasuk jenis hewan yang sangat seram dan berbahaya, namun karena perkembangan zaman yang semakin canggih. Telah banyak ilmuan yang mengatakan bahwa iguana termasuk hewan yang bisa dipelihara, walaupun kita tetap harus berhati-hati.

Hewan besar dan menyeramkan ini sudah banyak sekali dipelihara manusia, karena keunikannya yang anti-mainstream. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa iguana merupakan binatang asli Amerika yang sudah tersebar hampir ke semua belahan bumi. Di Indonesia sendiri telah banyak sekali yang memelihara iguana, padahal binatang ini cukup sulit dalam perawatannya. Jenis iguana yang paling sering dipelihara adalah Iguana Hijau yang terkenal akan kelincahannya dan lebih aktif dari beberapa saudaranya. Jadi apakah berminat untuk memelihara Iguana?

Bisa juga memelihara Landak Mini yang tidak berbahaya


10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara
Image By Landak Murah.com

Tahukah Anda apa itu landak mini? Landa mini masih satu keluarga dengan landak pada umumnya, hanya saja ukuran dari landak mini lebih kecil. Bukan hanya itu landak mini juga tergolong hewan yang sangat imut serta tidak membahayakan manusia. Walaupun dia tetap memiliki kulit berduri tajam yang melindungi seluruh tubuhnya. Namun landak mini termasuk hewan nokturnal yang lebih aktif pada malam hari.

Mungkin karena sifatnya yang nokturnal jadi pada siang hari dia akan bersembunyi di tempat yang gelap, dan akan kembali aktif pada malam hari. Sehingga itulah yang membuat hewan ini lebih suka sendiri dan bersifat soliter. Jadi Anda tidak perlu mengkhwatirkan hewan ini serta tidak perlu repot mencarikan teman baginya. Untuk mendapatkan landak mini Anda dapat mencarinya di toko hewan terdekat. Landak mini juga banyak tersebar di Afrika, Asia, Slandia Baru dan Eropa.

Untuk menambah tingkat keren, Anda bisa memelihara Kalajengking


10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara
Image By Ruanghati.com

Bagi sebagian besar orang hewan kecil yang pada umumnya berwarna hitam ini termasuk dalam golongan hewan yang berbahaya. Mungkin beberapa pernyataan tersebut bisa kita benarkan, namun bagi para pecinta binatang hewan berikut sangat pantas untuk dipelihara. Dengan memelihara kalajengking Anda akan terlihat lebih keren dan pemberani, sebab tidak semua orang berani untuk memegang serta memeliharanya.

Untuk memelihara kalajengking terbilang hewan yang gampang untuk dirawat bagi siapa saja baik itu mereka yang sudah berpengalaman ataupun yang masih pemula. Namun hal yang paling penting diperhatikan adalah kandangan yang harus selalu bersih. Dan tidak semua kalajengking dapat dipelihara, Anda juga perlu memilih beberapa jenis kalajengking yang aman dipelihara. Ciri-ciri kalajengking yang aman untuk dipelihara adalah ekornya yang kecil serta capitnya yang besar dan kuat. Sedangkan kalajengking berbisa memiliki ekor yang gemuk dan memiliki capit yang kecil.

Hewan yang mirip dengan ikan ini bernama Axolotl


10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara
Image By Kaskus.com

Axolotl adalah jenis hewan amfibi setipe yang sebenarnya adalah salamander meksiko. Hewan ini berasal dari Meksiko dan sekarang keberadaannya yang terbilang cukup langka dan jarang ditemukan. Sehingga hewan ini menjadi salah satu hewan yang dilindungi pemerintah, namun bukan berarti Anda tidak akan bisa memelihara Axolotl. Kadal jenis ini mampu untuk hidup selama 15 tahun serta dapat tumbuh sepanjang 60 cm.

Dalam pemeliharaannya cukup mudah dan tidak ribet, namun kualitas kandang dan makanan harus tetap dijaga. Walaupun terbilang hewan amfibi, axolotl lebih banyak menghabiskan hidupnya di dalam air. Oleh sebab itu axootl dapat Anda pelihara di dalam akuarium namun Anda perlu memperhatikan kualitas air dan makanannya seperti cacing ataupun udang beku. Tapi ingat jangan memberikan pakan hidup supaya terhindar dari berbagai macam penyakit.

Bisa juga memelihara burung hantu yang terbilang setia


10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara
Image By Omkicau.com

Burung jenis ini mungkin terbilang burung yang menyeramkan tak heran jika namanya adalah Burung Hantu. Hal ini dikarenakan raut dan bentuk wajah burung hantu ini terbilang menyeramkan. Bukan hanya itu saja burung ini juga termasuk hewan nokturnal yang lebih aktif pada malam hari dan ketika siang hari mereka akan bersembunyi.

Walaupun menyeramkan burung hantu juga sangat disarankan untuk dipelihara, sebab jenis burung ini lebih setia dan jinak. Namun dalam perawatannya cukup berbeda dengan burung kicauan, Anda harus sering menyapanya sehingga dia akan lebih jinak kepada pemiliknya. Namun perlu Anda ketahui bahwa burung hantu sangat tidak suka jika dimasukkan kedalam sarang. Maka dari itu Anda bisa membuat tempat tenggeran buat si burung. Namun Anda juga perlu mengikat kakinya shingga dia tidak akan kabur.

Sugar glider lebih terbilang hewan imut dan menggemaskan


10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara
Image By Kuyahejo.com

Salah satu hewan anti-mainstream yang mungkin dapat Anda pelihara adalah sugar glider, hewan ini mungkin merupakan hewan yang cukup aman dan tidak berbahaya untuk dipelihara. Sugar glider juga termasuk hewan yang mudah akrab bahkan lebih tinggi tingkat keakrabannya dengan kucing. Binatang ini berasal dari maluku dan australia, dan sugar glider juga termasuk hewan nokturnal yang lebih suka bersembunyi ketika siang hari.

Sugar glider juga termasuk hewan yang paling gampang dalam hal perawatannya. Sebab hewan yang tergolong marsupial ini akan membersihkan dirinya sendiri dengan cara menjilati bulu-bulunya. Dengan kata lain Anda tidak harus selalu memandikan sugar glider, namun Anda perlu memberikan perhatian lebih berupa pakan dan kandang.

Mungkin Ular bisa menjadi referensi


10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara
Image By Liputan6.com

Zaman sekarang sudah banyak sekali yang menyukai hewan-hewan anti-mainstream seperti ular. Di Indonesia sendir ular sudah biasa dipelihara, namun tidak semua jenis ular bisa dipelihara ya. Hanya beberapa ular yang dapat dipelihara antara lain ular piton dan boa yang jelas buka ular yang memiliki racun mematikan. Ular jenis ini lebih aman untuk dipelihara karena mereka tidak mengeluarkan racun, melainkan dengan melilit.

Bagi sebagian pecinta binatang ular merupakan hewan eksotis yang sangat elegan jika dipelihara. Ular juga mudah dalam perawatannya, Anda hanya perlu untuk memberikan makanan sekali dalam seminggu. Namun harus dalam porsi yang besar sehingga dapat tahan lama dalam perut si ular. Adapun beberapa ular yang paling banyak dipelihara pehobi reptil di Indonesia seperti ular sanca, ular pelangi, ular pohon hijau yang semuanya termasuk ular jinak dan cocok untuk pemula.

Leopard Gecko cocok buat Anda yang pecinta reptil


10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara
Image By Thespurce.com

Bagi sebagian pecinta reptil sejati, kadal yang memiliki warna yang unik dan bisa dijadikan reptil hias ini sangat diminati. Sebagai contohnya adalah Leopard Gecko ini, hewan jenis ini banyak diminati para pehobi reptil karena bentuk tubuhnya yang unik dan bagus. Leopard Gecko memiliki warna seperti macan tutul tidak heran banyak yang menjulukinya dengan sebutan tokek dari pakistan dan tokek macan tutul.

Dalam perawatannya pun Leopard Gecko ini cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan kandang dengan ukuran 90 x 40 cm. Serta Anda perlu menyediakan tempat lembab di sudut ruangan sebagai tempat mengganti kulitnya. Untuk masalah pakan, Anda bisa memberikan jenis serangga seperti jangkrik. Untuk Leopard Gecko dewasa dapat diberi 10 jangkrik dalam sehari, sedangkan untuk anakan Leopard Gecko hanya diberi 3 ekor jangkrik kecil dalam sehari.

Mungkin Bearded Dragon bisa menjadi referensi


10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara
Image By a-z-animals.com

Hewan Aneh yang Dapat dipelihara selanjutnya adalah Bearded Dragon, mungkin tidak semua orang sudah mengetahui hewan yang satu ini. Hewan ini lebih mirip dengan iguana dan memiliki kulit yang sedikit kasar. Dinamakan Bearded Dragon karena hewan ini mirip seperti naga serta memiliki jenggot (Bearded). Hewan ini juga tergolong hewan anti-mainstream sehingga cocok untuk topik artikel kali ini.

Hewan Bearded Dragon ini juga temasuk hewan yang lebih suka berada ditempat kering, tak heran dia sering dijumpai sedang berjemur dibebatuan kering. Hewan ini sering dijumpai di daerah kering seperti gurun, hutan terbuka yang penuh semak-semak serta bebatuan dekat sungai. Dalam pemberian makanannya pun tidak terlalu susah, sebab hewan ini termasuk binatang Omnivora yang mana dapat memakan segalanya. Jadi Anda bebas memberi makanan apa saja sepeti buah, daging ataupun serangga.

Pelihara rubah jenis terkecil yakni Fennec Fox


10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara
Image By Nationalgeographic.com

Dan 10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara yang terakhir adalah Fennec Fox termasuk rubah yang paling kecil dari segala jenis rubah lainnya, Fennec Fox lebih imut dan tidak berbahaya bagi manusia. Di Indonesia masih banyak yang belum mengetahui keberadaan Fennec Fox, maka dari itu lewat artikel ini Anda bisa mencoba mengenalnya. Sekilas Fennec Fox ini tampak mirip dengan anjing cihuahua modern. Rubah kecil ini memiliki rambut yang berwarna krim yang digunakan untuk menghindar dari predator di padang gurun.

Dalam perawatannya pun tidak terlalu sulit sebab Fennec Fox ini tergolong hewan yang super aktif jadi Anda tidak harus mengurungnya di dalam kandang. Berikan pula makanan yang cocok buatnya seperti tikus, buah-buahan, tanaman, serangga dan serta beberapa reptil kecil lainnya.

Demikianlah artikel dari saya tentang 10 Hewan Aneh yang Dapat dipelihara, mungkin dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan Anda seputar hewan ekstrim yang ternyata bisa untuk dipelihara. Jadi jika Anda ingin memelihara hewan yang anti-mainstream mungkin beberapa hewan diatas bisa menjadi referensi terbaik. Jika Anda ingin mencari informasi seputar hewan, maka Anda dapat mengunjungi Inmefo Hewan.
Load disqus comments

0 komentar