Selasa, 31 Januari 2017

Cara Merawat Anak Burung Kenari dengan Cerdas

Buat para pecinta burung, saya mau memberikan informasi penting seputar Cara Merawat Anak Burung Kenari. Mungkin kalian sudah sangat akrab dengan jenis burung yang satu ini, sebab ini termasuk salah satu burung yang paling terkenal di Indonesia. Kenari juga dikenal dengan kepandaiannya dalam berkicau, tidak heran sering diadakan lomba kicauan kenari di Indonesia. Kenari ini termasuk jenis burung yang berharga jual mahal, karena itu banyak orang mencoba untuk membudidayakannya.

Cara Merawat Anak Burung Kenari

Dalam pembudidayaan burung kenari, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya pakan dan kandang. Faktor-faktor internal dan external harus Anda perhatikan dalam beternak burung kenari, supaya nantinya akan menghasilkan bibit-bibit burung kenari yang bagus. Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali orang yang telah membudidayakan jenis burung yang satu ini. Selain untuk kontes, burung kenari dapat dijual dengan harga yang sangat mahal, tergantung kualitas suara dari burung tersebut.

Jika Anda adalah salah satu orang yang gemar memelihara burung, khususnya kenari. Mungkin informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang masih pemula dalam memelihara burung kenari. Pada artikel ini saya sudah merangkum dengan sangat jelas apa saja yang perlu Anda lakukan saat beternak burung kenari ini. Dari pada semakin penasaran simak informasi selengkapnya dibawah ini.
Baca Juga: Panduan Super Lengkap Merawat Sugar Glider untuk Pemula

Bagaimanakah Cara Merawat Burung Kenari dengan Benar?

Dalam pembudidayaan burung kenari, ada banyak sekali hal yang perlu Anda perhatikan. Yakni pakannya harus yang berkualitas, supaya kenari peliharaan Anda dapat tumbuh dan berkembang menjadi kenari dewasa yang bagus. Selain itu kebersihan kandangnya harus terus Anda jaga, supaya kenari ternakan Anda tidak mudah terserang penyakit.

Cara Merawat Anak Kenari yang Baru Menetas:

Mungkin sebagian besar para pemula akan kebingungan saat anak kenarinya sudah menetas. Terkadang mereka hanya melakukan tindakan yang menurut mereka benar, padahal salah. Untuk itu simak Cara Merawat Anak Kenari dengan Cerdas ini. Untuk anakan kenari yang baru menetas, Anda dapat memberikan telur puyuh untuk setiap ekor anakan kenari tersebut. Berikan pakan ini setiap pagi, siang, dan sore hari. Telur puyuh matang akan sangat baik untuk anakan kenari karena teksturnya yang lembut dan mudah dicerna sang bayi kenari.

Stop Pemberian Sayuran untuk Sang Induk Kenari

Jika anakan kenari tadi belum berumur 1 minggu, lebih baik jangan memberikan asupan sayuran untuk sang induknya. Sangat disarankan untuk memberikan telur puyuh di kandang untuk induk dan bayi kenarinya. Alasan tidak dilanjutkan pemberian sayuran untuk induk kenari adalah karena piyik anakan kenari masih belum kuat.

Jangan Lupa untuk Memberikan Pakan Biji-Bijian

Biasanya pada setia kandang kenari indukan dan anakan sudah harus tersedia telur puyuh untuk sang anak. Namun Anda juga bisa memberikan biji-bijian ke dalam kandang untuk si induk kenari. Biasanya jika anakan kenari sudah cukup besar, dia juga akan ikut untuk memakan biji-bijian yang Anda berikan tadi. Dengan kata lain pemberian biji-bijian juga untuk menandakan anakan kenari sudah dewasa atau belum.

Tambahkan Juga Egg Food

Mungkin Anda belum kenal dengan yang namanya Egg Food ini. Egg Food ini adalah sejenis makan burung yang berbahan dasar telur dan dioven hingga kering. Egg food juga sangat banyak digemari oleh para peternak burung. Sebab penggunaannya yang praktis dan kandungan gizinya yang sangat cocok untuk pertumbuhan anakan kenari.

Tips Merawat Anakan Kenari yang Sudah Berumur 1 minggu lebih:

Untuk perawatan anakan kenari yang sudah berumur 1 minggu keatas, cara merawat anak burung kenari tersebut sudah mulai berbeda. Mulai dari faktor pakan sampai faktor lainnya harus lebih Anda perhatikan, supaya anakan kenari yang sudah Anda pelihara itu dapat menjadi kenari dewasa yang memiliki suara kicauan yang merdu.

Anda sudah bisa memberikan Telur Ayam

Nah, jika anakan kenari Anda sudah melewati masa rentannya. Pada masa selanjutnya anakan kenari yang sudah mulai besar tersebut dapat Anda berikan pakan berupa telur ayam. Hal ini dikarenakan porsi makanan untuk anak kenari tersebut harus lebih banyak, supaya pertumbuhan sang kenari dapat berjalan dengan cepat. Berikan juga telur ayam untuk induk kenarinya supaya gizinya tetap terjaga.

Berikan lagi asupan sayuran dan buahan

Jika si anak kenari tadi sudah berumur 1 minggu lebih, Anda sudah bisa memberikan pakan sayuran dan buah-buahan untuk induk dan anak kenari. Anda dapat memberikan sayuran sawi hijau, sawi putih, kecambah, selada. Dan untuk buah-buahannya Anda dapat memberikan buah apel sebagi jenis buah yang wajib tersedia.

Terus beri Makanan Biji-bijian

Tahap selanjutnya adalah Anda harus terus memberikan makanan biasa di kandang. Hal ini dilakukan agar si anak kenari dapat belajar dan beradaptasi terhadap makan si induknya. Pakan biasanya yang harus Anda berikan adalah jenis biji-bijian.

Pemberian Vitamin akan Menunjang Pertumbuhan Anak Kenari

Jika Anda memang sudah sangat niat untuk memiliki burung kenari yang berkualitas, sebaiknya jangan lupakan untuk memeberikan asupan tambahan yakni multivitamin untuk si kenari. Vitamin akan membantu dan mempercepat pertumbuhan anak kenari.

Demikianlah artikel saya tentang Cara Merawat Anak Burung Kenari dengan Cerdas, dan jika Anda seorang peternak burung kenari yang masih pemula. Mungkin informasi di atas dapat membantu Anda. Buat Anda yang ingin mendapatkan banyak informasi seputar kenari lainnya, terus baca Inmefo Hewan. Dan Jika terdapat kesalahan kata atau kalimat yang menyinggung perasaan Anda mohon untuk dimaafkan.
Load disqus comments

0 komentar